Selasa, 15 Januari 2013

Lama Tak Menulis (Blog)

RASANYA cukup lama sekali tidak menulis buat rumah saya yang satu ini. Entah ada yang membaca atau tidak, tapi sejak dulu saya cukup rajin memposting tulisan-tulisan di blog ini. Alasannya sederhana, banyak ide dan masalah yang bisa saya tulis di blog ini mulai dari yang paling remeh-temeh sampai tulisan yang paling serius. Kadang dengan menulis juga bisa menjadi pelipur lara ketika sedang sedih atau galau. Halah, malah jadi curcol. Hehehe ! 
 
Saya sendiri tidak mengkhususkan menulis di blog ini terkait dengan tema spesifik yang terus-menerus saya bahas. Karena saya senang menulis, jadi saya tulis saja apa yang ada di kepala saya. Padahal jika di forum-forum kepenulisan, saya termasuk orang yang sering menyarankan ke teman-teman untuk fokus menulis pada bidangnya. Saya jadi ragu dengan saran saya itu, karena memang banyak sekali persoalan yang bisa kita tulis tanpa perlu memperhatikan apa background kita. 
 
Terus terang, banyak faktor yang menyebabkan saya jarang menulis. Salah satunya adalah ketika sedang ingin menulis, komputer ini sering dikuasai ‘secara paksa’ oleh anak saya untuk nonton film superhero, film kartun edukasi, atau hanya sekedar bermain game Plants Vs Zombie kesukaannya. Sebenarnya bukan itu ya penyebabnya, hehehe ! 
 
Jujur saya sedang fokus menyelesaikan tesis saya dan sedang konsen mengembangkan bisnis baru saya (bisa cek di www.omegabubur.com). Saat malam sebenarnya banyak waktu, tapi seringkali saya sudah terlalu letih terus kemudian harus segera beristirahat agar bisa bangun lebih awal. Pagi-pagi saat fajar juga bukan waktu yang ideal buat saya untuk menulis, karena saya sudah disibukkan dengan aktivitas menyiapkan barang-barang untuk berjualan pagi-pagi. 
 
Sebenarnya waktu yang ideal untuk saya menulis adalah ketika siang dan saat pagi dinihari pukul 2 – 3 pagi. Mengapa siang ? Karena siang biasanya anak saya sedang tertidur. Tapi kadang saya ikut tertidur juga. Kalau pagi dinihari, kadang sayanya yang susah bangun. Kalaupun bangun biasanya karena ada jadwal bola klub kesukaan saya. Dasar banyak alasan, hehehe !

Ah, apa pun alasannya, saya tidak akan meninggalkan aktivitas menulis. Karena aktivitas ini memang sudah kita lakukan sejak kecil kan ? Bayangkan, bagaimana bersusah payahnya orangtua kita untuk menyekolahkan kita sejak kecil hanya untuk agar kita bisa berhitung dan menulis. 
 
Selain itu, menurut saya banyak manfaat dari menulis. Menulis bagi saya bukan untuk menjadi terkenal atau mencari duit semata. Saya menulis karena ingin ide-ide saya bisa didiskusikan, lalu menjadi manfaat banyak orang. Itu alasan yang paling prioritas bagi saya buat menulis. Jadi jangan khawatir, bagi yang menanti buku-buku saya selanjutnya, yang sabar ya… (Halah, koyok ono sing baca ae, hehehe !). Ya wes, udah dulu ya. Semoga ini tulisan yang bisa mengawali agar saya semangat menulis kembali. Chayo ! []

2 komentar:

An Maharani Bluepen mengatakan...

nulis lagi, Pak..
chiayoo...

jual mesin las mengatakan...

info yg menarik, keep posting :)

Petuah Pak Cah, Menulis tak Butuh Bakat Melimpah

"Menulis itu tidak memerlukan bakat yang banyak, tinggal mau atau tidak." Itu kalimat-kalimat awal seorang Cahyadi Takari...