Senin, 13 Juni 2011

Ibnu Khaldun : Ekonomi Tiang Penting dlm Membangun Peradaban Islam

Source: www.detik.com
1.      Pemikiran #IbnuKhaldun sangat dipengaruhi oleh Ghazali (1058-111) dan Ibnu Rusdy (1126-1198).
2.      Padahal antara Ghazali dan Ibnu Rusdy terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Ghazalli adalah seorang yang menentang rasionalitas #IbnuKhaldun.
3.      “Mukaddimah”, adalah sebuah karya #IbnuKhaldun yang spektakuler tentang Ilmu sosial dan sejarah yang melebihi zamannya.
4.      Artinya pada zaman itu yang sudah dikembangkan dalam dunia Islam, justru menjadi sejarah yang modern di awal abad ke-20 #IbnuKhaldun.
5.      Justru yang mengangkat dan memperkenalkan karya #IbnuKhaldun adalah orang Barat, dengan dimodifikasi.
6.      #IbnuKhaldun (1332-1404 M) selain banyak membahas masalah sejarah. juga menguasai masalah sosiologi, antropologi, budaya, ekonomi, geografi, pemerintahan, pembangunan, peradaban, filsafat, epistemologi, psikologi, dan juga futurologi.
7.      #IbnuKhaldun dalam kitabnya Muqaddimah, mengatakan bahwa salah satu pilar kemajuan peradaban Islam adalah amwal atau ekonomi.
8.      Dalam hal ini, #IbnuKhaldun mengatakan “Ekonomi adalah tiang dan pilar paling penting untuk membangun peradaban Islam (Imarah).
9.      Tanpa kemapanan ekonomi, kejayaan Islam sulit dicapai bahkan tak mungkin diwujudkan #IbnuKhaldun.
10. Ekonomi penting untuk membangun negara dan menciptakan kesejahteraan umat #IbnuKhaldun.
11.  #IbnuKhaldun adalah kakek free market (pasar bebas), acuannya Adam Smith dalam membuat filosofi ekonomi.
12.  Yang benar adalah Adam Smith menjiplak karya #IbnuKhaldun dan menfasirkan seenaknya sendiri. Baca tulisan saya "Karya Ekonom Muslim Dicuri Oleh Ekonom Barat" http://t.co/vQfeWpH #IbnuKhaldun.
13.  Islampun berdasarkan hadits menganjurkan free market- harga yang terbentuk harus market price #IbnuKhaldun.
14.  Amerika Serikat pun pernah bilang salah satu acuannya adalah #IbnuKhaldun. Tapi tentu saja ada buah pikir dia dalam hal efisiensi.
15.  Di hadits juga dibilang perbedaan dari harga pasar adalah riba (hadits tentang Bilal yang bertransaksi kurma berbeda quality) #IbnuKhaldun.
16.  Biarkan Adam Smith begitu. Mari kita warnai peradaban Ekonomi Islam #IbnuKhaldun.
17.  Pemikiran Ekonomi Islam #IbnuKhaldun banyak membahas Teori Produksi, Teori Nilai, Uang & Harga, Teori Distribusi, Teori Siklus.
18.  #IbnuKhaldun menemukan manfaat-manfaat dan perlunya pembagian kerja sebelum Smith dan prinsip nilai tenaga kerja sebelum Ricardo.
19.  #IbnuKhaldun menguraikan teori populasi sebelum Malthus dan menandaskan peran negara dalam perekonomian sebelum Keynes.
20. #IbnKhaldun = pendahulu banyak ekonom, ia merupakan suatu kecelakaan sejarah & tak memiliki dampak atas evolusi pemikiran ekonomi.


Sumber: Diskusi di twitter @EdoSegara, @Irsal2009, @AhmadIfham.

Tidak ada komentar: