Senin, 20 Desember 2010

UIN Gelar Acara Menulis Itu Mudah!


Oleh: Switzy Subandar
HARIAN JOGJA

JOGJA: Penulisan skenario untuk program televisi berbeda dengan menulis di atas kertas. Untuk program televisi, penulisan dituntut padat, singkat, dan jelas.

Hal itu disampaikan oleh Sony Set, Dosen Fikom Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sekaligus penulis skenario puluhan film Trans TV, pembicara dalam dalam Workshop dan Seminar Nasional Kepenulisan  di ruang Teatrikal Pusat Bahasa, Agama, dan Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (19/12).

Acara yang bertujuan menumbuhkan kreativitas menulis di antara para mahasiswa itu dihadiri kurang lebih 60 orang. Sebagian besar masyarakat umum.

Lebih lanjut, Isyqie (Seksi Acara), menungkapkan, seminar kepenulisan semacam ini baru pertama kali diadakan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Sunan Kalijaga. “Sebelumnya kami sering mengadakan seminar, tetapi bukan yang bertema kepenulisan,” tambahnya.

Selain Sony Set, Edo Segara juga menjadi pembicara dalam perhelatan yang terselenggara atas kerjasama Rumah Penulis Jogja dan KOPMA UIN Sunan Kalijaga.

Edo yang telah menulis beberapa buku, di antaranya ”Menulis, Tradisi Intelektual Muslim” menuturkan tentang berbagai hal mengenai penulisan buku dan memotivasi peserta untuk menulis.

Menjadi penulis profesional bukan sesuatu yang instan, penulis profesional, ada kalanya juga pernah ditolak penerbit,” ujarnya. []

Sumber: Koran Harian Jogja (HARJO), Senin 20 Desember 2010

1 komentar:

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )