Jumat, 29 Mei 2009

Pertarungan Malaikat dan Iblis

ANGELS AND DEMONS adalah film yang diangkat dari novel misteri best-seller karya novelis Amerika Serikat Dan Brown yang diterbitkan pada tahun 2000. Film ini memperkenalkan tokoh Robert Langdon, yang juga menjadi tokoh utama dalam filmThe Da Vinci Code. Cerita film ini sangat mirip dengan film The Da Vinci Code, misalnya adanya teori konspirasi organisasi rahasia, alur waktu satu hari, dan Gereja Katolik Roma.

Film ini bercerita tentang konflik antara organisasi kuno, Illuminati, dengan Gereja Katolik Roma. Film ini juga membahas kontroversi "Anti Materi", Yang disebut- sebut sebagai energi alternatif masa depan, tetapi dapat menimbulkan efek negatif, yaitu menjadi senjata pemusnah massal. CERN merupakan laboratorium penelitian di negara Swiss yang menciptakan “Anti Materi.” Dalam bahasa lain Anti Materi disebut sebagai partikel Tuhan.

Tokoh utama dalam “Angel and Demons” adalah Robert Langdon. Ia merupakan seorang Profesor ahli Simbol di Universitas Harvard yang menyusuri dan meyelidiki perkumpulan tertua didunia yaitu Illuminati. Seperti juga pada Davinci Code, Prolog film ini adalah sebuah pembunuhan keji. Pembunuhan seseorang ilmuwan bernama Leonardo Vetra yang dibunuh dengan keji oleh seseorang dengan meninggalkan petunjuk didadanya yang terbakar oleh cap illuminati.

Dimulai dari mayat itu, hanya dalam tempo 24 jam alur cerita mengalir dengan deras dan perburuan dijalankan dari gereja ke gereja di kota Roma. Anti Materi yang hilang dari markas CERN kemudian ditemukan pada layar pengawas di Kota Vatikan. Kedatangan kardinal dari seluruh dunia yang ingin melakukan pemungutan suara untuk pemilihan Paus yang meninggal menjadi tragedi baru dengan diculiknya keempat kardinal tersebut. Padahal keempat kardinal tersebut adalah calon kuat untuk menjadi Paus.

Robert Langdon, dengan kemampuannya sebagai ahli simbologi mencoba untuk mencari petunjuk terhadap para kardinal yang diculik. Petunjuk tersebut bermula dari naskah kuno yang dibuat oleh Galileo. Naskah ini diambil dari ruang penyimpanan arsip perpustakaan Vatikan. Kemudian jalan cerita film ini menyajikan pembunuhan keji para kardinal, namun ada satu kardinal berhasil diselamatkan berkat petunjuk Profesor Robert Langdon.

Illuminati sendiri adalah perkumpulan rahasia yang dibentuk pada saat gereja antipati terhadap ilmu pengetahuan. Setelah pertentangan antara Galileo dengan Gereja, kemudian para ilmuwan membentuk kelompok ini. Di kemudian hari, pihak gereja menuduh perkumpulan ini sebagai perkumpulan anti Kristen dan pemuja setan. Simbol-simbol dalam Illuminati adalah elemen-elemen ilmu pengetahuan yang terdiri dari : Tanah, Udara, Api dan Air. Atas dasar elemen itu keempat kardinal dibunuh dengan keji.

Dengan waktu yang sedikit Robert Langdon bersama Victoria Vetra berjuang untuk menyelamatkan Kota Vatikan dari kelompok Iluminati. Seperti sudah diduga sebelumnya dibalik kejadian yang mengerikan di Kota Vatikan dalam waktu relatif cepat ini pasti ada yang menjadi pengkhianat atau penyusup illuminati yang menjadi orang dalam.

Akhir yang manis dari cerita yang tragis menjadi sebuah catatan sendiri bagi umat katolik dalam film ini. Sebuah ketakutan sengaja dimunculkan agar setiap umat dapat kembali kedalam cintanya kepada agama. Percaya kepada keajaiban dan keyakinan yang menebal kembali setelah setiap orang didunia menyaksikan peristiwa dramatis yang disiarkan secara langsung dari dalam Basilika Santo Petrus.

Tidak ada komentar:

Petuah Pak Cah, Menulis tak Butuh Bakat Melimpah

"Menulis itu tidak memerlukan bakat yang banyak, tinggal mau atau tidak." Itu kalimat-kalimat awal seorang Cahyadi Takari...